Proposal Khitanan Massal dan Tabligh Akbar




PROPOSAL

KHITANAN MASSAL DAN TABLIGH AKBAR
DALAM RANGKA PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1436 H
DKM MASJID AT-TAQWA KAMPUNG EMPANG




A.    PENDAHULUAN

“Berlomba-lombalah dalam kebaikan!”
Begitulah Allah berfirman dalam Al-Quran. Hal ini bukan retorika semata, tapi merupakan perintah dari Allah kepada kita sebagai hambanya untuk selalu berbuat kebaikan – hablum minalloh, hablum minannas dan hablum minal ‘alamin – hal ini mengilustrasikan bahwa realisasi kebaikan harus terejawantahkan bukan sekedar dalam keshalehan individual dalam bentuk hablum minalloh berupa ritual keibadahan seperti shalat, puasa, haji, dan lain-lain, akan tetapi hal ini harus kita selaraskan dengan keshalehan sosial dalam bentuk ibadah hablum minannas dan minal alamin berupa kepedulian terhadap sesama manusia dan alam sekitar.
Dewasa ini tanpa kita sadari seiring dengan semakin menjamurnya virus-virus kapitalisme dan liberalisme yang ditularkan oleh budaya barat telah menggeser peradaban yang agamis bangsa Indonesia menjadi peradaban yang individualis dan matrealistik. Alhasil  mayoritas bangsa kita dewasa ini jarang yang memiliki kepedulian sosial karena yang dijadikan standar hidup adalah ketercapaian kesenangan diri dan materi. Maka sangat wajar bila yang tumbuh berkembang pada bangsa kita saat ini adalah budaya tawuran pelajar, pertikaian antar kampung, bentrokan massa, perebutan kekuasaan, korupsi, kolusi, nepotisme. Bahkan kesombongan dari kalangan pejabat, konglomerat sampai kalangan selebritis sekarang sudah mulai dipertontonkan dengan menggelar acara-acara party yang memamerkan fun, food dan fasion yang berbalut nuansa hedonis dan glamor. Ironisnya, sikap-sikap tersebut dipertontonkan ditengah-tengah kondisi masyarakat bangsa kita yang mayoritas masih membutuhkan uluran tangan kita.
Menilik akan fenomena ini, sudah semestinya kita merekontruksi sikap dan mental bangsa kita. Sudah saatnya kita kembali pada jati diri bangsa kita yang sosial dan agamis. Seribu empat ratus tahun yang lalu, Rasulullah pernah bersabda : “Khoirukum anfa’uhum linnas”, sebaik-baiknya manusia adalah yang bisa memberi manfaat bagi manusia yang lainnya. Secara eksplisit rasul bukan hanya menganjurkan umatnya untuk melakukan ibadah shalat, puasa, haji dan ibadah mahdoh lainnya yang semuanya hanya untuk keshalehan individual, akan tetapi rasul juga menganjurkan umatnya untuk memiliki sikap dan jiwa sosial dengan melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi saudara sesama.
Pengurus Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) At-Taqwa Kampung Empang merupakan bagian dari bangsa ini merasa ikut bertanggung jawab untuk berupaya merekonstruksi peradaban bangsa ini. Pengurus berkeinginan menjadikan masjid sebagai sentral kegiatan keibadahan, bukan sekedar ibadah shalat dan ibadah mahdoh lainnya, akan tetapi berkeinginan menjadikan masjid sebagai tempat berkeluh kesahnya umat dalam segala hal kehidupannya – termasuk kesusahan dalam bidang sosial dan ekonomi . Pengurus bercita-cita menjadikan masjid sebagai sentral kegiatan keibadahan individual dan keibadahan sosial.
Sudah barang tentu akan terasa lebih indah bila sesuatu yang menjadi ide pemikiran bisa direalisasikan dalam bentuk kegiatan nyata. Dan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammah saw 1436 Hijriyah suatu momentum yang tepat untuk merealisasikan ide pemikiran tersebut. Oleh karena itu, dalam Peringatan Maulid Nabi kali ini pengurus DKM At-Taqwa merencakan Faket Program Kepedualian terhadap Sesama dalam bentuk KHITANAN MASSAL DAN TABLIGH AKBAR.
Sesuatu akan terasa ringan bila program ini dikerjakan bersama-sama. Oleh karena itu, kami mengajak kepada semua pihak, Pengurus DKM, Jama’ah Masjid, Warga dan Tokoh Masyarakat, Para Pemuda, Aparatur Pemerintah, Para Agniya, termasuk para Sponsor baik perorangan ataupun perusahaan, untuk ikut terlibat bersama-sama dalam menyukseskan acara tersebut. Aljamaa’atu rohmatun walfirkotu ‘adzabun, kuntul filholopis kuntul baris rawe-rawe rantas malang-malang putung. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Mari kita wujudkan kepedulian sesama dengan dibalut rasa persaudaraan dan persatuan. Semoga Allah meringankan semua beban hambanya. Amin.



B.       DASAR PEMIKIRAN

QS. 9 : 60       :
Sedekah zakat itu  hanyalah untuk : orang-orang fakir, miskin, pengurus zakat,  orang-orang yang tengah dijinakkan hatinya, urusan memerdekakan budak, orang-orang yang berhutang, kepentingan sabilillah dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.
QS.76 : 8         :
Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang yang  miskin,anak anak yatim, dan tawanan.


QS. 2 : 273      :
Berikanlah nafkahmu itu kepada : kaum fakir, miskin yang bertahan dalam sabilillah, mereka yang tidak dapat pergi kemana-mana, mereka yang oleh orang yang tidak mengetahuinya disangka golongan yag berpunya padahal mereka itu dapat dikenal kemiskinannya dari tanda-tandanya, dan mereka tidak mau miinta-minta secara dikasihani.
QS. 9 :103       :
Pungutlah sedekah dari sebagaian harta benda mereka untuk membersihkan dan mensucikan mereka dari noda-noda kikir dan serakah. Dan do’akanlah mereka, kerena sebenarnya do’amu itu adalah menjadi penawar hati untuk mereka. Dan Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.
QS. 8 : 3          :
Mereka tetap mengerjakan sholat dan menafkahkan sebagaian rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka.
QS. 61 : 10      :
Hai orang-orang yang beriman, maukah kamu aku tunjukkan semacam perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari siksaan yang amat pedih ?
QS. 61: 11        :  
“Perniagaan itu, ialah : kamu tetap beriman kepada Allah dan Rosul-Nya, dan berjihad dijalan Allah dengan harta dan jiwamu. Iman dan berjihad itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
QS. 61:12         :  
Jika kamu berbuat demikian, Tuhan akan mengampuni dosa-dosamu dan sekaligus memasukkanmu kedalam syurga yang banyak mengalir sungai-sungai dibawahnya, serta menempatkanmu pada tempat – tinggal yang mewah di taman firdaus yang abadi. Itulah keberuntungan yang gemilang.
QS. 3 : 92        :
Kamu sekali-kali tidak akan mencapai kebajikan yang sempurna sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Apa-apa yang kamu nafkahkan itu, sesungguhnya Allah Maha mengetahuinya.



C.    MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah :
1.    Mengagungkan maulid nabi besar Muhammad saw.
2.   Memakmurkan masjid dengan menjadikan masjid sebagai sentral kegiatan keshalehan individual dan keshalehan sosial.
3.   Menselaraskan ibadah mahdhoh dan ghoir mahdoh (hablum minalloh, minannas dan minal ‘alamin).
4.   Menumbuhkan sikap sosial bagi warga masjid.
5.   Meringankan beban warga yang kurang mampu.
6.   Menjalin ukhuwah islamiyah dan persaudaraan sesama manusia.
7.   Menjalin silaturahin antara warag kampung Empang dengan warga sekitar


D.   TEMA KEGIATAN

Kegiatan ini bertema :
“Maulid Nabi sebagai Upaya Menumbuhkan Keshalehan Sosial dengan Khitanan Massal”


E.    BENTUK, WAKTU, TEMPAT DAN JADWAL KEGIATAN
Ada dua bentuk kegiatan kali ini :

1.      KHITANAN MASSAL
Hari, Tanggal             : Sabtu, 17 Januari 2015
Waktu                         : Pkl. 07.00 s.d 14.00 WIB
Tempat                       : Masjid At-Taqwa Kp. Empang
                                      Jl. KH. Mansyur No. 2L Kp. Empang Kel. MC. Barat
                                      Kec. Rangkasbitung Kab. Lebak Prov. Banten


2.     TABLIGH AKBAR
Hari, Tanggal             : Sabtu, 17 Januari 2015
Waktu                         : Pkl. 20.00 WIB s.d selesai
Tempat                       : Jl. KH. Mansyur Kp. Empang Kel. MC. Barat
                                      Kec. Rangkasbitung Kab. Lebak Prov. Banten
Penceramah               : KH. DR. Sofyan Rosada
  (Pengasuh Ponpes Darul Husaeni Al-Bantani Tangerang)
            (Jadwal kegiatan terlampir)




F.     SASARAN KEGIATAN

1.       Sasaran kegiatan khitanan massal adalah anak dengan kategori keluarga kurang mampu dengan kuota untuk 100 anak.
2.      Sasaran peserta khitanan massal diutamakan anak yang berdomisili di kampung Empang dan kampung-kampung di wilayah kelurahan MC. Barat.
3.      Bila kuota masih ada maka peserta khitanan massal bisa dari wilayah Rangkasbitung dan sekitarnya.
4.      Sedangkan sasaran kegiatan Tabligh Akbar adalah jama’ah masjid At-Taqwa Kp. Empang dengan jumlah kurang lebih 700 jama’ah dan jama’ah undangan dari masjid-mesjid di sekitar kampung Empang dengan jumlah sekitar 300 jama’ah.


G.    FORMAT KEGIATAN

1.       Format kegiatan Khitanan Massal adalah
·      Upacara pembukaan
·      Depile Peserta dan arak-arakan kendaraan hias
·      Penyunatan
·      Pemberian Santunan
·      Do’a dan tutup

2.      Format kegiatan Tabligh Akbar
·      Tabligh Akbar diselenggarakan dengan ceramah terbuka di luar, di Jl. KH. Mansyur dengan susunan acara, : Albarjanji, pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, Sambutan, Ceramah, do’a dan tutup)




H.   KEPANITIAAN

Kepanitiaan Kegiatan ini adalah :

Pelindung             : Kepala Kelurahan MC. Barat, Ketua RW. 05 dan Para Ketua RT
Penasihat             : H. Eman Sulaeman (Ketua DKM Masjid At-Taqwa)

Ketua Panitia    : Ust. Indra Budiman, S.Sos.I
Wk Ketua           : Eman Suherman
Sekretaris          : Ust. Musa Al-Maqsudy
Bendahara         : Ujang Jaenul Zaman

Seksi-seksi :
Sie Acara :
1.    Ust. M Jazuli
2.   Ust. Jufri
Sie Usaha :
1.    M. Jean Hero (Ketua RW 05)
2.   Ketua Rt 01, 02, 03, 04
Sie Humas dan Publikasi :
1.    H. Hendi Doel
2.   Musa Al-Maqsudy
Sie Akomodasi dan Transfortasi :
1.    M. Uci Sanusi
2.   Khaerudin
Sie Logistik dan Kesekretariatan :
1.    Iman
2.   Erfan Tadarus
Sie Konsumsi :
1.    Yanti (Ibu RW. 05)
2.   Ibu-ibu PKK
Sie Dekorasi dan Dokumentasi :
1.    Ismail
2.   Edwardo Suherman
Sie Medis dan Keamanan :
1.    Rohmat
2.   Mahmud Hasan

I.      ANGGARAN DANA

NO
URAIAN KEBUTUHAN
VALUME
JUMLAH
KESEKRETARIATAN DAN LOGISTIK

1
Kertas HVS
2 rim
         70.000,-
2
ATK
1 paket
       300.000,-
3
Penggandaan Proposal
10 buah @   10.000,-
       100.000,-
4
ID card Panitia
50 buah @     5.000,-
       250.000,-
5
Pamplet kegiatan
300 bh  @         500,-
       150.000,-
6
Spanduk Kegiatan
100 bh  @ 100.000,-
 10.000.000,-
7
Benner Kegiatan
    5 bh   @ 500.000,-
   2.500.000,-
8
Kaos Panitia
  50 bh  @ 100.000,-
   5.000.000,-
9
Dekorasi
1 faket 
     1.000.000,-

JUMLAH
19.370.000,-
KHITANAN MASSAL

1
Setelan Koko Peserta
100 faket @  150.000,-
   15.000.000,-
2
Uang Saku (Uang Kadedeh)
100 faket @  150.000,-
   15.000.000,-
3
Tenaga medis
100 faket @  100.000,-
   10.000.000,-
4
Obat-obatan
100 faket @    50.000,-
     5.000.000,-
5
Snack Peserta dan Orang tua
300 faket @   10.000,-
     3.000.000,-
6
Konsumsi Panitia dan Medis
  50 faket @   20.000,-
      1.000.000,-
7
Bingkisan Team Medis
  10 faket @   50.000,-
         500.000,-
8
Akomodasi kendaraan arak-arakan
100 faket @ 100.000,-
   10.000.000,-
9
Patwal Pengamanan
     1 faket
         500.000,-

JUMLAH
60.000.000,-
TABLIGH AKBAR

1
Biaya Survei Penceramah
1 faket
       500.000,-
2
Insentif Penceramah
1 faket
    2.500.000,-
3
Insentif Qory
1 faket
       500.000,-
4
Tenda, Panggung, Kursi dan Sound
1 faket
    5.000.000,-
5
Snack Jama’ah
700 faket @ 6.000,-
    4.200.000,-
6
Jamuan Tamu Undangan
1 faket
       500.000,-
7
Konsumsi Panitia dan Kyai
1 faket
       500.000,-

JUMLAH
13.700.000,-
JUMLAH TOTAL
93.070.000,-


J.     SUMBER DANA

1.       Anggaran Dana untuk Kegiatan Tabligh Akbar diperoleh dari :
·      Sumbangan dan partisifasi jama’ah DKM Masjid At-Taqwa Kampung Empang
·      Donatur perorangan yang tidak mengikat
2.      Anggaran Dana untuk Kegiatan Khitanan Massal diperoleh dari :
·      Kas Zakat DKM At-Taqwa Kp. Empang
·      Sponsor atau donatur perorangan yang tidak mengikat
·      Sponsor perusahaan atau intansi yang diatur dengan kesepakatan

K.    PENUTUP
Sesuatu akan terasa ringan bila program ini dikerjakan bersama-sama. Oleh karena itu, kami mengajak kepada semua pihak, Pengurus DKM, Jama’ah Masjid, Warga dan Tokoh Masyarakat, Para Pemuda, Aparatur Pemerintah, Para Agniya, termasuk para Sponsor baik perorangan ataupun perusahaan, untuk ikut berfartisifasi dalam menyukseskan acara tersebut baik secara moril ataupun materil. Aljamaa’atu rohmatun walfirkotu ‘adzabun, kuntul filholopis kuntul baris rawe-rawe rantas malang-malang putung. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Mari kita wujudkan kepedulian sesama dengan dibalut rasa persaudaraan dan persatuan. Semoga Allah meringankan semua beban hambanya. Amin.


Ketua Panitia,
PANITIA MAULID NABI DAN KHITANAN MASSAL
DKM AT-TAQWA
KAMPUNG EMPANG
 





Ust. Indra Budiman, S.Sos.I
Rangkasbitung, 26 November 2014
Sekretaris,





Ust. Musa Al-Maqsudy

Mengetahui,
Ketua DKM Masjid At-Taqwa
Kampung Empang






H. Eman Sulaeman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PEMILIHAN KETUA RW

Penyerahan calon panganten pamegeut