Do'a Jibril yang diamini Rasul saw



DO’A MALAIKAT JIBRIL YANG DIAMINI OLEH NABI MUHAMMAD SAW

Suatu ketika Rasululllah saw pada malam i’dul fitri sedang bersama para sahabatnya di masjidil Haram guna melaksanakan takbiran, seraya membaca takbir, tahmid dan tahlill. Tiba-tiba Rasul keluar dari barisan dan menepih ke arah dinding. Kemudian Rasul mengangkat tangan dan membaca “amin” sampai tiga kali.

Setelah Rasul menyapukan kedua telapak tangan ke arah mukanya. Kemudian para sahabat menghampirinya seraya bertanya kepada Rasul, : “Ya Rasul, apa gerangan yang terjadi sehingga engkau mengangkat kedua tangan dan mengamininya sampai tiga kali.”

Rasulullah menjawab, : “Tadi saya didatangi malaikat Jibril dan memintaku untuk mengamini do’anya.” Sahabat bertanya lagi, : “Apa do’a yang dibacakan Jilril ya Rasul?” Rasul menjawab : “Kalau kalian ingin tahu do’a yang dibacakan Jibril dan diamini ku adalah :

1. Ya Allah Ya Tuhan kami janganlah diterima ibadah kaum muslimin selama bulan ramadhan apabila dia masih bersalah kepada kedua orang tuanya dan belum dimaafkan. Kemudian Rasul membaca “Amin”.

2. Ya Allah Ya Tuhan kami janganlah diterima ibadah kaum muslimin selama bulan ramadhan apabila suami istri masih berselisih dan belum saling memaafkan. Kemudian Rasul membaca “Amin”.

3. Ya Allah Ya Tuhan kami janganlah diterima ibadah kaum muslimin selama bulan ramadhan apabila dia dengan tetangga dan kerabatnya masih berselisih dan belum saling memaafkan.Kemudian Rasul membaca “Amin”.

Intisari dari kisah ini, seluruh amal ibadah kita di bulan ramadhan akan diterima apabila hubungan kita sudah baik dan saling memaafkan terhadap kesalahan kita, baik dengan orang tua kita, dengan suami atau istri kita dan tetangga serta kerabat kita. 

Mafhum mukholafahnya bila hubungan kita masih berselisih dengan salah satu diantara mereka, maka ibadah kita menggantung antara bumi dan langit (dipending), belum diterima oleh Allah SW.

“Dikisahkan oleh Bukhori Muslim dari Hudzaifah dan Anas r.a”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PEMILIHAN KETUA RW

Proposal Khitanan Massal dan Tabligh Akbar

Penyerahan calon panganten pamegeut